Pages

Minggu, 29 April 2012

why?

Kira-kira udah 2 minggu-an kita gak ada komunikasi. Mungkin lo sibuk.
Entah sibuk karena apa gue juga gak tau. Atau mingkin lo sengaja
menjauh dari gue? Hanya lo dan Tuhan yang tau.
Menjauh? Udah ga betah gue hubungin kali ya. Beralasan ini itu. Sama
sekali gak jelas. Gue juga memutuskan untuk menjauh, ngikutin cara lo.
Kita tentu sama-sama tau kan, menjauh bukanlah cara terbaik buat
selesaikan ini. Tapi lo milih cara ini, yah gue bisa ngerti. Cuma gue
ngerasa bodoh aja sih udah mau bertahan sampai selama ini.
"kenapa kamu jadi beda?" itu yang selama 2 minggu ini ada dipikiran
gue. Ya, lo beda.

Selasa, 24 April 2012

My Life, My Tokyo!: Kanto International Senior High School, Part 2

Pagi itu gue bangun jam 05:30. Sholah subuh dan jam 6 sarapan sama
tante. Tante tetep masakin gue makanan Indonesia dgn di mix sama bahan
dari Jepang. Enak! Rencananya hari ini gue sama tante mau ke SMA baru
gue disini. Letaknya di Shibuya, kata tante dan tidak jauh dari rumah
tante.
"biasanya sekolah disini kalo masuk jam berapa sih, tante?" tanya gue
saat berjalan dijalanan kota bersama tante menuju sekolah baru saat
jam menunjukan pukul 10 pagi.
"disini biasanya masuk jam 08.30, tapi ya tergantung peraturan
sekolahnya juga sihh" kata tante. "ohh... Siang banget?" "iyaa, tapi
sampai sore sekitar jam 3an lebih"
5 menit kemudian kami sampai didepan gerbang sekolah. Kanto
International Senior High School. Yg ada dipikiran gue saat itu
adalah, SMA tsb adalah SMA Berstandar internasional dgn bahasa
pengantarnya pake bahasa Inggris yang diisi anak-anak pinter. Wah.
Kami masuk ke ruangan untuk ngobrol antara orangtua siswa dengan guru,
entah nama ruangannya apa. Disana tante berdialog menggunakan bahasa
jepang oleh seorang yang mungkin bisa disebut kepala sekolah kalo di
Indonesia sihh.
30 menit sudah berlalu, tante mengakhiri perbincangan dengan dengan
orang jepang tsb. Kami memutuskan untuk pergi.
"apa katanya, tante? Aku bisa bersekolah disana?" tanya gue saat kami
keluar dari gerbang sekolah. "mulai besok kamu sudah bisa sekolah
disana. Mereka memaklumi kamu disekolahkan disana. Karena disana juga
memang banyak anak-anak dari berbagai negara" kata tante sambil kita
melanjutkan berjalan. "masa? Heuh semoga aja ada orang Indonesia yah,
biar nyambung kalo diajak ngobrol"

Minggu, 15 April 2012

My Life, My Tokyo!: Goodbye, Bandung and I'm Coming, Tokyo! Part 1

Hai. Nama gue Ariana. Gue seorang siswi yang baru lulus SMP Negeri
dikota Bandung. Gue memang termasuk anak yang berasal dari keluarga
yang cukup mapan dari segi finansial. Setelah lulus SMA rencananya gue
pengen banget masuk ke SMAN 5 Bandung tapi rencana itu pupuslah sudah
sejak Tante Nana mengajakku ke Jepang dan tinggal disana untuk
menemaninya selama bekerja disana. Orangtuakku setuju dan fix, gue
bakal hijrah ke Jepang tepatnya di Tokyo.
"lo jadi hijrah ke Tokyo?" tanya Sheila, salahsatu sahabat gue. "iya
jadi, minggu depan gue berangkat." jawab gue.
Esoknya Tante Nana kembali meyakinkan gue, "kamu yakin kan Rin sama
keputusan kamu ikut tante? Tante gakmau kamu kecewa" kata Tante. "iya
Tante, InsyaAllah aku siap dan yakin. Hmm tapi tante, aku blm fasih
bahasa jepang" keluhku. "tidak apa-apa, pakai bahasa inggris. Nanti
Tante daftarkan kamu di SMA disana" Tante Nana Tersenyum. Gue pun
lega.
Minggu yang dinantikan tiba, saatnya meninggalkan Bandung dengan
sangat amat haru. Dari Bandung, gue sama Tante Nana pergi ke Jakarta
saat pagi hari sekitar pukul 7. Setibanya di Jakarta, kami langsung
menuju Soekarno-Hatta Airport. Rupanya tante sudah menguruskan segala
keperluanku, hingga Passport. Ini pertamakalinya gue naik pesawat dan
hijrah ke luar negeri.
Didalam pesawat, gue dan tante bicara banyak. Tante bercerita banyak
tntang kehidupan disana, di Tokyo. Jujur, gue belum siap disana karena
terhalang oleh bahasa. Yah gue pasrah tetap pakai bahasa inggris
disana, karena hanya bahasa itulah yang gue bisa untuk berinteraksi
dengan orang luar.

Jumat, 13 April 2012

"I Love You, Lucas & Tess, and Ibu"

hai. namaku Lucy. aku tinggal disalahsatu desa terpencil di Indonesia. aku tinggal dengan 3 orang adik kecilku dan kedua orangtuaku. dikeluarga kecil kami, hanya aku yang berkulit putih dan berambut pirang. ya, mereka bukan benar-benar keluargaku hanya saja sejak aku bayi, mereka yang merawatku. sebenarnya aku adalah anak keturunan Netherland. ayahku menjadi komandan militer di Netherland, Lucas, itulah yang diceritakan oleh perempuan yang telah mengasuhku yang kupanggil Ibu yang bernama Siti. Ibu adalah satu-satunya orang pribumi (Indonesia) kepercayaan ayah Lucas. tidak, ayah Lucas tidak jatuh cinta pada Ibu.
kata Ibu, ayah kandungku sudah meninggal saat prajurit-prajurit bermata sipit (Nippon) menyerang rumah. seluruh isi rumah ayah Lucas yang berdarah Netherland ditebas habis, termasuk Ibu kandungku, Tess. Ibu tidak jadi dibunuh karena hanya ialah dirumah tsb yang merupakan pribumi. lalu Ibu membawaku ke desa ini dan akhirnya menikah dengan seorang lelaki bernama Kirno.
didesa ini masih terasa menakutkan buatku, sebelum prajurit Nippon pergi dari negara ini aku masih was-was. aku harap oprajurit Nippon segera pergi dan aku bisa hidup normal.
didesa, terkadang aku jadi bahan gunjingan orang-orang, ya, karena aku berbeda. kata Ibu aku spesial dan aku the lucky ones. semoga aku selalu menjadi yang spesial dan beruntung, Amin.

Jumat, 06 April 2012

Nina & Tina

Hai, namaku Nina. Aku tinggal disalahsatu ibu kota di pulau Jawa.
Umurku baru 12 tahun. Aku tinggal bersama sahabatku, Tina yang sebaya
denganku. Kami tinggal di pinggiran kota, tepatnya disebuah gubuk
kecil dibawah jembatan. Gubuk kecil yang kami buat dari kayu bekas dan
perkakas bangunan bekas lainnya yang kami temukan disekitar toko
bangunan yang beberapa waktu lalu terbakar habis. Kami sudah tinggal
dirumah kecil tsb sudah 2 tahun, sejak kami memutuskan kabur dari
orang dewasa yang kejam pada kami sebut saja ia, Om Gery. Beliau
memelihara anak-anak gelandangan seperti kami untuk dipekerjakan
diperusahaan kecil miliknya, sebenarnya tdk pantas disebut perusahaan.
Beliau memiliki usaha jual-beli narkoba, barang haram yang seharusnya
tdk boleh diedarkan. Om Gery menyuruh anak-anak untuk mengedarkaan
barang haram tsb ke tukang becak, pedagang asongan, hingga pelajar.
Aku dan Tina tidak ingin berada dirumah buatan Om Gery. Kami takut.
Kami memutuskan untuk kabur dari sana.
Inilah kami yang baru. Aku mencari uang dengan mengamen dilampu merah
yang lumayan padat. Tak jarang pula, aku rela jadi buruh cuci piring
di warung makan. Walaupun upah dari 2 pekerjaanku tdk banyak, tapi aku
mensyukurinya. Sedangkan Tina.... Ia terkadang terpaksa mencopet
dompet orang di pasar yang padat. Ini Ia lakukan demi kami makan.
Padahal aku sudah menasehatinya untuk tidak mencopet. Aku tau ia
terpaksa mencopet, karena terkadang seusai mencopet ia cerita padaku

Minggu, 01 April 2012

Sinau Wisata Smanam 2012 Part 2

Yep lanjut!
Di Taman Pintar, kita bia tau banyak tentang pengetahuan sains dan
ilmu logika fisika. Dan itu sangat menajubkan! Setelah ke Taman
Pintar, kita berwisata menuju Museum Benteng Vredenburg. Semacam
museum Belanda yang dilestarikan sama warga Yogya. Disana juga kami
belajar sejarah. Banyak banget. Nih Pict gue pas di Benteng Vredenburg
Selesai berkunjung ke Museum, kami
berwisata belanja di Malioboro. Jalan Malioboro ini emang udah
terkenal banget se-Yogya. Gue disana belanja bareng Rifka, Eka, dan
Hegar. Gue disana beli Tas Laptop, beli Baju wanita untuk mamah,, beli
celana pendek untuk Aa, dan beli baju buat si doi. Sebenernya belum
puas sih belanjanya, tapi yaaaah waktunya dibatasin jadi terpaksa buat
berhenti belanja.
Jam 8 malam kami berhenti belanja dan melanjutkan perjalanan ke rumah
makan dan setelah itu kembali lagi ke hotel. Dihotel kami istirahat
full pisan persiapan untuk besok perjalanan pulang yang melelahkan!
Dihotel juga sebelum tidur gue, Nanat, Sarah, Resty, Novi, Gina,
Andut, dan Intan ngobrol dikamer 205 sambil ketawa tawa ga jelas.
Bener bener asik banget hahahah sampai lupa waktu. Dan kami semua
tidur bareng dikamer 205.
-Kamis, 29 April 2012-
sedih banget harus ninggalin kota Yogyakarta. kami packing dan objek
wisata pertama kali ini adalah Museum Angkatan Udara RI. Disana kami
bisa lihat banyak replika pesawat terbang dan segudang pengalaman
asik. Setelah kesana kami makan siang dan menuju objek wisata
selanjutnya yaitu Ketepass. Ketepass terletak disekita gunung merapi.
Disana asik banget suasanya dingin sejuk. Setelah itu kami menuju
objek wisata yang terakhir, yaitu Candi Borobudur. Disana waktu kami
hanya 1 jam karena waktu telah sore. Candi Borobudur tutup jam 6 sore.
Dari sana kami menuju tempat makan untuk makan malam dan istirahat
sebentar. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan pulang.
-Jum'at, 30 April 2012-
rombongan kami sampai dicirebon pukul 4 pagi. Waaaaa capek!
Hal yang lucu dari setiap makan malam adalah anak anak pada joget2 pas
ada mussik dangdut. Lagu Iwak Peyek laaah lagu apa lah macem macem
banget haha
untuk foto nanti gue update ya, see you! ♥

-@nrlhdyn

Sinau Wisata Smanam 2012 Part 1

What A Wonderful Trip!
Itulah kalimat yang gue ungkapkan setelah Sinau Wisata yang
melelahkan. Disini gue mau sharing selama Sinau Wisata berlangsung.
Sinau Wisata disekolah gue berlangsung mulai dari hati Senin sampai
hari Jum'at, tepatnya tanggal 26 April - 30 April 2012. Tujuan Sinau
Wisata tahun ini awalnya ke Bali, tapi setelah dipikirkan kembali
akhirnya tujuannya diubah menjadi ke Solo & Yogyakarta. Bosen juga sih
emang, soalnya waktu jaman gue SMP sinau wisata ke Yogyakarta juga.
Tapi yah gue nikmatin.
-Senin, 26 April 2012-
hari senin malam sekitar pukul 18.30 WIB gue langsung on the way to
Sekolah. Sampai disekolah keadaan gila udah rame banget. Disana gue
kayak orang bego nyari temen temen gue pada kemana. Akhirnya gue dapet
sms dari Firdha (salahsatu temen sekelas gue) katanya suruh masuk
kelas. Okelah gue langsung masuk ke kelas. Malu sih bawa koper bawa
tas penuh. Udah berasa mau liburan kemana aja nih bawa bawa koper haha
tapi yah PD ajalah~
pas nyampe kelas memang disana sudah ada beberapa teman gue. Ngerasa
beruntung karena ga cuma gue doang yang bawa koper *sujud syukur* lalu
ada pengarahn dari walikelas dan jam 8 tepat rombongan kami berangkat
menuju kota pertama, yep Solo. Kelas gue dapet kebagian bus 5. Sumpah
ga bohong, biarpun tengah malem juga dalam perjalanan dalam bus 5 rame
terus. Ribut sampe gak bisa tidur. Di bus gue duduk sama Rifka. Gue
nikmatin perjalanan menuju Solo. Dan waktu itu gue tidur cuma
sebentar, cuma 3 jam kalo gak salah.
-Selasa, 27 April 2012-