Pages

Selasa, 24 April 2012

My Life, My Tokyo!: Kanto International Senior High School, Part 2

Pagi itu gue bangun jam 05:30. Sholah subuh dan jam 6 sarapan sama
tante. Tante tetep masakin gue makanan Indonesia dgn di mix sama bahan
dari Jepang. Enak! Rencananya hari ini gue sama tante mau ke SMA baru
gue disini. Letaknya di Shibuya, kata tante dan tidak jauh dari rumah
tante.
"biasanya sekolah disini kalo masuk jam berapa sih, tante?" tanya gue
saat berjalan dijalanan kota bersama tante menuju sekolah baru saat
jam menunjukan pukul 10 pagi.
"disini biasanya masuk jam 08.30, tapi ya tergantung peraturan
sekolahnya juga sihh" kata tante. "ohh... Siang banget?" "iyaa, tapi
sampai sore sekitar jam 3an lebih"
5 menit kemudian kami sampai didepan gerbang sekolah. Kanto
International Senior High School. Yg ada dipikiran gue saat itu
adalah, SMA tsb adalah SMA Berstandar internasional dgn bahasa
pengantarnya pake bahasa Inggris yang diisi anak-anak pinter. Wah.
Kami masuk ke ruangan untuk ngobrol antara orangtua siswa dengan guru,
entah nama ruangannya apa. Disana tante berdialog menggunakan bahasa
jepang oleh seorang yang mungkin bisa disebut kepala sekolah kalo di
Indonesia sihh.
30 menit sudah berlalu, tante mengakhiri perbincangan dengan dengan
orang jepang tsb. Kami memutuskan untuk pergi.
"apa katanya, tante? Aku bisa bersekolah disana?" tanya gue saat kami
keluar dari gerbang sekolah. "mulai besok kamu sudah bisa sekolah
disana. Mereka memaklumi kamu disekolahkan disana. Karena disana juga
memang banyak anak-anak dari berbagai negara" kata tante sambil kita
melanjutkan berjalan. "masa? Heuh semoga aja ada orang Indonesia yah,
biar nyambung kalo diajak ngobrol"

Tante mengajakku pergi ke tempat makan. Disana aku memesan Sushi. Dan
ini rasanya enak pake banget. "disini rame banget ya tante sama
pejalan kaki?" gue heran. "iya, disini mah begitu Rin. Ga ribet sama
kendaraan" tante menjawab. "disini aku butuh nihh ekstra jaket atau
baju hangat haha" "disini memang selalu begitu. Tapi kadang panas juga
kok, tapi panasnya ga kayak Indonesia"
seharian itu gue sama tante jalan-jalan keliling kota. Dari ke Tokyo,
Shibuya, dan ke daerah-daerah kecil sekitarnya. Ada disebuah daerah
yang banyak penjual baju2 dan disana aku membeli beberapa baju. Lucu.
Esoknyaa.....
Aku dan tante terlambat bangun. Kami bangun pukul 06:30. Yahh
terlambat sudah. Tapi jangan heran, disini menganggap bangun jam 06:30
pagi itu sudah termasuk pagi.
Pagi itu gue berjalan sendirian menuju sekolah. Tante tidak bisa
mengantarkan. Yah nasip. "sesampainya disekolah, kamu ke lobby aja
trus katakan bahwa kamu adalah murid baru yang kemarin datang" pesan
tante sebelum gue berangkat.
Jalanan pagi itu ramai dan padat banget. Tapi udaranya masih amat
sejuk. Gue pun semangat berangkat. Sesampainya disekolah gue langsung
menuju lobby. Waktu itu gue pasrah.
"hmm pagi, saya murid baru yang kemarin datang kesini" gue berkata
pada penjaga lobby dalam bahasa inggris. "oh iya, ini kartu absenmu.
Silahkan digesekan disana dan tempelkan jarimu untuk melakukan absen"
kata penjaga itu dlm bahasa inggris pula. "ruanganku?" "A5 lantai 2"
"thankyou" langsunglah gue cabut dari tempat itu dan menuju ke lantai
2. Anak-anak disana masih suka ngobrol juga ya sebelum bel masuk. By
the way, gue suka pakaian di sekolah ini. Asli ini seragam sekolah
paling bagus. Setelah sekitar 5 menit keliling cari ruangan kelas,
akhirnya ketemu juga. Dan gue duduk dikursi santai didepan ruangan.
Bel masuk pun bunyi. Anak-anak dengan tertib masuk ke kelas
masing-masing. Gue cuma duduk nunggu guru dateng. Setelah 5 menit, ada
guru yang bertanya "kau murid baru yang kemarin daftar bukan?" kata
guru wanita menggunakan bahasa inggris. "iya" jawab gue singkat.
"masuklah kesini, saya sedang mengajar diruang A5." gue ngikut nurut
dia masuk ke ruang A5.
Didalem kelas, anak-anak duduk sendiri-sendiri. Gue perkirakan jumlah
muridnya cuma 30an. Memang, banyak juga orang asing didalam kelas.
Guru wanita tsb memperkenalkan diri berdiri didepan kelas denganku.
"selamat datang, di Kanto International Senior High School. Saya Bu
Yoona, silahkan perkenalkan dirimu pada teman-teman yang lain juga"
wanita itu berbicara dlm bahasa Inggris. "pagi. Nama saya Ariana, asal
dari Indonesia" kata gue singkat dengan sedikit senyum ramah.
"terimakasih, Ariana. Silahkan duduk dibelakang Hana" Bu Yoona
menunjuk ke arah tempat duduk yang sudah disiapkan kosong. Kayaknya
semua mata yang ada dikelas itu pada ngeliatin gue. Ahh maklum. Gue
hanya merasa gak nyaman sama keadaan yang seperti itu terjadi
terus-menerus. Berasa orang paling kamseupay.
Dikelas, kebetulan Mrs. Yoona guru bhs. Inggris, fiiuuhh ga susah deh,
pikir gue. 1 jam 30 menit sudah berlalu. Pelajaran bhs. Inggris juga
selesai. Sesaat setelah Mrs. Yoona keluar kelas, perempuan yang duduk
didepan gue langsung ngajak gue ngobrol berbahasa Inggris.
Hanna: "hi, hmm kamu Ariana dari Indonesia?"
gue: "iyaa, salam kenal ya"
Hanna: "oh iya, aku Hana. Hm selamat datang dikelas kami A5 :)"
gue: "iya terimakasih, saya sangat senang bisa diterima disini"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar