Pages

Kamis, 13 Juni 2013

Tips Long Distance Relationship! (LDR)

Salam.
Apa kabar semua? Semoga masih sehat dan selalu dalam lindungan-Nya. Amin ya Rabbal'alamin.
Baiklah. Udah lama ya gue ga posting hal-hal macam opini ataupun tips? Iya, beberapa postingan sebelum ini mungkin isinya hanya cerita. Hehe. Enjoylah.
Pada postingan kali ini gue mau berbagi tentang tips menjalin hubungan jarak jauh, atau bahasa gaulnya sih sekarang Long Distance Relationship! Simak yak.

Long Distance Relationship atau biasa disingkat LDR, yakni hubungan jarak jauh. Hubungan yang di maksud disini adalah hubungan asmara (read: pacaran). Yahh anak muda jaman sekarang ngerti lah ya.
LDR ini resikonya besar banget. Cobaannya juga banyak banget. Godaannya juga banyak banget. Stok sabarnya harus diperbanyak, ketebalannya pun harus dipertebal. Mengapa? Ngga cuma perasaan aja sih yang harus kuat, tapi mental juga.





Kebanyakan pasangan LDR (mari kita sebut saja pejuang LDR) menjalin hubungan jarak jauh kandas ditengah jalan. Gagal, gagal, gagal, dan gagal. Dan menurut gue sih nggak semua pasangan sanggup menjalani yang namanya ujian jarak ini. Bahkan mungkin ada yang sempat trauma sama hubungan jarak jauh ini. Namun gue yakin banyak juga yang sukses sampai ke pelaminan dari hasil LDR ini, lho! Salah satunya yang sukses adalah kak Chacha Thaib (search twitter dia: @chachathaib) dengan lelaki yang sekarang sudah menjadi suaminya kak Bisma (personel band Rocket Rockers). Keren kan? Ngga semua pasangan yang berjuang di jalan LDR ini gagal kok. Semua kembali pada pribadi masing-masing dan cara tiap pasangan berkomunikasi.

Para pejuang LDR harus berhadapan dengan ketidakhadiran doi disekitarnya. Dalam artian disini hadir secara raganya. Dan wajar saja mereka pasti dan bakal ngalamin namanya kangen. Nahan kangen. Broh, FYI aja sih, nahan kangen itu gak enak. Kalo udah akut banget sih (kalo gue) biasanya langsung banjir air mata. Ha Ha Ha. Lebay? Terserah katamu.
Oh ya, gue mau jelasin resiko-resiko yang dialamin oleh pejuang LDR. Nih cekidot!

1. Jarang Bertemu
Kalo poin pertama ini memang sudah mutlak dipastikan akan jarang bertemu. Walaupun jarak antar kotanya tidak terlalu jauh (hanya sekitar 3-4 jam) tetap saja akan jarang bertemu. Buat cewek, emang tega ngeliat pacarnya tiap hari pulang pergi dari kotanya ke kotamu? Gue sih kagak tega.
Dan poin pertama ini harus diperhatikan sih. Kalo pasangan lo tipenya yang manja-manja ngga bisa kalo sehari ngga ketemu yowes tinggalin aja. Repotin amat. Lebay akut ngga ngerti banget resiko LDR namanya. -.-
2. Menahan Rindu
Ya seperti yang gue jelasin di paragraf sebelumnya. Rindu bagi pejuang LDR ini pasti nggak terelakan lagi. Rindu mereka membaraa!! *lebay dikit* mereka harus kuat-kuat deh nahan kangen. Kalo ngga kuat ya repot. Yang ada mungkin ngeluh dan ngeluh sambil ngayal-ngayal. Haha. Nah loh. Bahkan sampe nangis bisa lho saking lelahnya mungkin menahan kangen. Hehehhe. :3
Sesuai pengalaman, gue pernah kangen banget sama seseorang, dia jauh, dan gue lagi kangen banget. Gue nangis deh seharian. Ngerasain seseknya dada nahan kangen. #tjurhats #biarin haha. =))
3. Status Taken Rasa Jomblo = LDR
Secara status, mereka saling memiliki statusnya pacaran tapi jauh men! Udah rasa jomblo banget. Misal nih ya temen kita ada yang taken juga statusnya tapi pacarnya masih satu kota, enak mereka bisa jalan bareng kalo malem minggu. Nah yang LDR? Tetep tanpa raga pacar. Paling cuma bisa teleponan atau smsan. Kalo beruntung sih bisa webcam-an bareng lewat Skype. Hihi. Dan biasanya sih banyak yang ngomong kalo LDR tuh jomblo elegan. Huh. Gue gak setuju banget.
4. Sering Khawatir
Ya! Kalo yang ini sih biasanya tiap hari pasti ada rasa khawatir, baik di pihak cewek ataupun cowok. Apalagi cewek yang kadang suka langsung negatif thinking sama cowoknya. Repot deh. Makanya pejuang LDR ini dianjurkan untuk menendang jauh-jauh pikiran negatif tsb.
5. Resiko Kegagalan Cukup Besar
Nah pada poin 5 ini mungkin sudah bisa kalian pahami, bukan? Poin ini lebih kepada pasangan muda yang masih umur belasan. Soalnya pemikiran mereka tak jarang masih labil. Jadi otomatis yah gampang berubah pendiriannya. Tapi tidak menutup kemungkinan sih bisa berhasil. Ya tergantung pribadi masing-masing pasangan kan? ;)

Nah udah nyimak kan tadi beberapa resiko punya hubungan LDR. Siap ngga tuh mulai berani LDR-an sama pacarnya? *ngikik*
Nah selain bahas resiko LDR, gue juga mau ngasih tahu tips-tips untuk para pejuang LDR! Nih tips-tipsnya:

1. Komunikasi
Bagi pejuang LDR, komunikasi itu penting banget. Komunikasinya bisa lewat apa aja, dari mulai surat sampe webcam-an! Komunikasi pasangan ini harus terjalin dengan baik. Toh jaman kan sekarang sudah canggih, pejuang LDR tetep bisa terhubung dengan kekasihnya melalui alat komunikasi.
2. Kepercayaan
Nah ini juga utama sih. Membangun kepercayaan lebih pada pasangan itu penting saat LDR. Kenapa? Jarak jauh dan tak bertemu modalnya cukup percaya. Percaya bahwa pasanganmu tidak berbohong padamu. Kalo ngga percaya ya susah. Gimana mau hubungannya langgeng kalo bangun kepercayaan aja susah? Intinya dalam LDR harus saling percaya. Got it?
3. Pengertian
Yak! Gue yakin sih semua juga paham. Mau yang LDR ataupun yang ngga LDR juga harus saling pengertian. Mengerti akan kesibukan dia, waktu dia, dan hargain dia yang udah ngabarin kamu. Itu penting banget. Gak mungkin kan pacar lo disana kerjaannya cuma smsan atau teleponan sama lo doang? Nggak lah. Mereka juga butuh me-time! Dan pasti punya kesibukan lain selain ngeladenin lo. Pengertian itu penting banget. Oke? Supaya gak ada salah paham. ;)
4. Sabar
Nah! Poin terakhir ini termasuk kategori penting. Sebagai pejuang LDR, lo harus sabar. Mutlak dibutuhkan dalam menjalin LDR. Harus bisa meredam emosi juga kalo lagi berantem. Kalo dua-duanya sama-sama nyolot, ya bingung. Sabar ini bisa menghindarkan kalian dari berantem sih kalo kata gue hahahha. Oh ya, kalo lagi berantem, gue saranin sih harus ada yang ngalah salah satunya. Mau dia yang salah atau bukan, ngalah, lalu minta maaf. Kalo masih sayang sih kyknya bakal dimaafin. :D


Yak! Kira-kira begitu sedikit penjabaran gue tentang LDR. Postingan ini gue dedikasikan untuk seluruh pejuang LDR di seluruh dunia, terkhusus buat sahabat dan temen-temen gue yang udah mulai sedikit-sedikit pisah sama pacarnya gara-gara tempat kuliah beda.
Pokoknya, semangat, para pejuang LDR! Gue dukung dengan memberikan sedikit masukan mengenai LDR.
See you in next post! :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar