Pages

Senin, 16 Juni 2014

Yuk Mengenal Introvert!

Semakin dewasa kita, semakin kita lebih sering bertemu dengan orang-orang baru. Yap. Saat beranjak dewasa kita dituntut untuk bersosialisasi dengan orang-orang sekitar. Banyak orang-orang yang kita temui memiliki karakter yang berbeda-beda. Coba saja tengok sekitarmu, dalam lingkup kecilnya di sekolah, di kampus, atau di kelas. Masing-masing orang di lingkunganmu memiliki karakter yang berbeda-beda. 

Mungkin kalian pernah mendengar kata 'Introvert'? Kalian tahu apa itu?
Baiklah saya disini akan mencoba menganalisa mengenai introvert.


Di kutip dari berbagai sumber, kesimpulannya; Introvert adalah suatu kepribadian dimana seorang introvert memiliki kepribadian yang dalam serta fokus akan satu hal. Kebanyakan dari mereka adalah pribadi yang tertutup, dan cenderung mengesampingkan dunia sosial yang menurutnya terlalu abstrak.
Mereka lebih sering mendengarkan, menganalisa, dan berpikir fokus pada satu hal. Mereka baik dalam mengerjakan pekerjaan single tasking, dibandingkan multi tasking.
Orang introvert tidak suka berbicara. Faktanya? SALAH. Jika di depan umum atau depan banyak orang, mereka hanya berbicara seperlunya. Seperti halnya jika di kelas, ia akan berbicara ketika guru atau dosen menyuruhnya berbicara atau memberikan pendapat atau menjawab pertanyaan yang ada. Jika tidak, ia tidak akan berbicara. Ia lebih sering menyimak dan mendengarkan.
Seorang introvert sebenarnya suka berbicara, namun mereka hanya berbicara santai, ringan, dan mendalam hanya kepada orang-orang tertentu, orang yang sudah bisa ia percaya, orang yang membuatnya merasa nyaman. Bahkan seorang intovert cenderung dapat berbicara panjang lebar jika ia sudah merasa nyaman dengan seseorang. 
Orang introvert tidak memiliki teman. Faktanya? SALAH. Pada fakta di lapangan, mereka memiliki teman-teman, walaupun tidak banyak. Yang mereka utamakan adalah kulitas, bukan kuantitas (jumlahnya). Jika Anda merupakan teman baik atau bahkan sahabat dari seorang introvert, beruntunglah anda. Kenapa? Karena mereka pasti akan lebih sering berbicara pada anda dibandingkan dengan orang lain yang tidak begitu dikenalnya. Seorang introvert justru memiliki perasaan mendalam pada teman yang membuatnya nyaman. Mereka akan menjalin kominikasi yang baik dengan orang tersebut.
Orang introvert tidak suka ke dunia luar. Faktanya? SALAH. Mereka memang tidak begitu menyukai dunia luar yang terlalu banyak orang atau mereka tidak suka berkerumun di tengah keramaian. Mereka senang pergi ke luar rumah ke tempat-tempat menyenangkan dan menenangkan pikiran mereka. Seperti pergi ke alam bebas; pegununggan, gunung, bukit, pantai, ataupun kedai kopi yang menenangkan pikirannya. Tentunya bersama teman baik dan terdekatnya.
Orang intovert merupakan orang yang anti-sosial. Faktanya? SALAH. Mereka sebenarnya berperasaan peka pada kondisi sekitarnya, namun tidak ingin menunjukannya. Mereka cenderung bersosialisasi apa adanya dan sebenarnya tidak benar-benar menutup diri mereka dari pergaulan luas. Mereka hanya lebih suka hal yang fokus dan pasti, dan menurut mereka pergaulan luas sosial adalah hal yang abstrak, bahkan terlalu abstrak bagi mereka untuk terjebur di dalamnya.

Orang introvert merupakan seorang pemikir. BENAR. Sebagaian besar mereka menyukai berpikir dan berdiskusi bersama diri mereka sendiri namun masih tetap melihat hal dari berbagai sudut. Mereka menganalisa hal-hal yang di tangkapnya.

Orang introvert lebih suka mengekspresikan dirinya melalui berbagai media. BENAR. Mungkin mereka tidak pandai berbicara di depan banyak orang, mungkin hanya sedikit orang yang tahu apa yang sebenarnya orang introvert ini rasakan dan pikirkan, namun mereka juga manusia, yang butuh berbagi. Mereka menuangkan apa yang mereka rasakan dan mereka pikirkan melalui berbagai media, misalnya membuat lagu, menulis cerita, melukis, menyibukan diri dengan satu hal pokok, mereka bernyanyi, memasak, dan lain-lain. Di kepalanya, terjadi keriuhan yang disebabkan oleh perasaannya dan apa yang sedang dipikirkannya. Mereka cenderung suka merimajinasi, dan kreatif.
Tokoh-tokoh seperti Emma Watson, J.K. Rowling, Bill Gates, Julia Roberts, Nicole Kidman, Albert Einstein, Michael Jordan, merupakan beberapa tokoh yang memiliki kepribadian introvert. Mereka mampu mengekspresikan diri mereka melalui jalur mereka masing-masing, dan satu hal yang penting adalah FOKUS.
Kepribadian seseorang memanglah hal yang rumit untuk di ketahui, namun dengan mengenal kepribadian seseorang kita jadi lebih bisa menghargai, menghormati, dan mengerti karakter mereka secara detail. 
 Regards,
Nurul Hadiyani





ps: created by Nurul Hadiyani, and I am an introvert.

5 komentar:

  1. Hallo hallo!
    Aku punya sesuatu nih buat kamu. Kalo berkenan silahkan menuju link ini http://rizamaulidan.blogspot.com/2014/06/the-liebster-award.html
    Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah seru nih. tapi belum ada blogger yang ngasih award nih ke aku. hehe :D

      Hapus
    2. sama belum dapet award :s

      Hapus
  2. Aku juga introvert, kadang banyak orangsalah mengartikan aku pendiem, aku lagi nggak mau ngomong aja, buktinya aku bisa kok nggak malu depan kelas, kadang sih hehe. dan aku suka pergi kemana-mana sendirian, bukan berarti aku benci orang2, tapi enak aja nikmatin sendirian, bisa bebas dan bisa cepet-cepet ngga perlu nunggu. :D
    Ah aku suka banget bagian ini "Yang mereka utamakan adalah kulitas, bukan kuantitas (jumlahnya)" aku selalu takut gapunya banyak temen, tapi abis baca postingan ini aku jadi pede B)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo! hihi salam kenal, kita sama berarti. :)
      somehow memang lebih menyenangkan kemana-mana sendirian, jadi lebih cepet ngga perlu banyak diskusi atau takut temen yang nemenin ngga setuju sama ide yang kita punya. hehe.
      tetep pede ya walaupun introvert. B)

      Hapus