Pages

Rabu, 27 Juli 2016

Apa Sih Bullying? Kenalan Yuk!

Hai! Hello!

Kembali dalam waktu agak-sedikit-memaksakan-luang ini saya ingin nulis sedikit hal bermanfaat, karena selama ini saya rasa banyak menulis yang kurang bermanfaat dan berkontribusi dalam dunia per-blogging-an. HAHAHA.

Postingan kali ini, saya mau bahas sedikit tentang Bullying, baik itu dilakukan secara langsung (dihadapan korban bully) maupun yang tidak langsung (biasanya melalui media sosial, atau sering juga disebut cyber bullying.

FYI, saya nulis ini karena merasa terinspirasi oleh kasus yang sedang menimpa penyanyi terkenal dunia, Taylor Swift. Konon, ia dibully oleh netizen seluruh dunia gara-gara postingan video di Snapchat Kim Kardashian. 


School Bullying (source: Google)

Apa sih Bullying?

Bullying berasal dari kata bully, yang berarti mengganggu, mengusil, atau mengolok-olok.

Di lingkungan sekitar, bullying terjadi biasanya pada kehidupan anak-anak hingga remaja. Para pelaku bullying biasanya teman sebaya dari korban. Misalnya bullying terjadi di sekolah, biasanya pelaku bully ini adalah teman sebaya dari si korban. Para pelaku tak segan-segan untuk mengolok-olok korban baik melalui perkataan atau pun melalui fisik.

Contoh Bullying?

Contoh dari bullying sendiri adalah ada sekelompok anak mengolok-olok anak lainnya, misalnya si A. Si A ini menjadi korban bullying oleh teman-temannya di sekolah. Nama baiknya seolah-olah tercoreng oleh perkataan sekelompok anak tadi.

Nggak cuma bullying dalam bentuk perkataan yang pastinya nyakitin hati, namun biasanya para korban bullying ini juga menerima kekerasan fisik dari si pelaku. Contoh dari kekerasan fisiknya, yakni menampar, melempar batu ke arah korban, mengacaukan personal stuffs korban, dan lain sebagainya. Walaupun memang nggak semua bullying menggunakan kekerasan fisik, namun kemungkinan kekerasan fisik selalu ada, bukan?

Physically Bullying (Source: Google)


Penyebab Bullying?

Bullying yang terjadi di kalangan anak-anak sampai remaja ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, yakni:

  • Perbedaan SARA (Suku, Agama, dan Ras), nggak jarang penyebab ini menjadi faktor utama penyebab seseorang dibully. Kenapa sih dibully? Tentu aja karena si korban bullying ini berbeda dari lingkungan sekitarnya, perbedaan yang mencolok dalam faktor ini adalah Suku/Agama/Ras yang dimiliki oleh si korban. Lingkungan yang tidak bisa atau tidak mau menerima perbedaan ini lah yang menyebabkan seseorang di bully. Padahal, perbedaan di suatu lingkungan bukan penghalang untuk menjalin persaudaraan, bukan? Manusia bisa hidup dalam kedamaian walau banyak perbedaan. :)
  • Perbedaan Status Sosial, banyak orang membully orang lain karena status sosial orang lain berbeda. Misalnya Si B dibully oleh teman-temannya gara-gara si B ini anak orang yang tidak mampu (secara finansial atau miskin). Teman-teman si B ini merasa tidak pantas berteman dengan si B yang bukan dari keluarga orang kaya, akhirnya mereka membully si B ini. Faktor ini nggak cuma dijadiin alasan buat anak/remaja untuk membully seseorang, namun nggak jarang orang dewasa pun membully orang lain karena hal ini nih..-_-
  • Perbedaan Selera, namanya juga kita manusia hidup di bumi dengan beragam jenis pilihan hidup, pastilah setiap orang seleranya berbeda antara satu dengan lainnya. Seperti selera musik, film, atau buku, atau gaya hidup yang umum menjadi faktor penyebab bullying. Si Pelaku menganggap Si Korban tidak cukup keren untuk masalah selera yang ia punya, akhirnya mereka membully si korban dengan laknat dan kejamnya dunia.
  • Perbedaan Kemampuan, kemampuan yang Tuhan berikan pada umatNya ini tentunya macam-macam dong ya. Ada orang yang cerdas dan mampu dibidang ilmu eksak, ada yang cerdas dibidang bahasa, seni, dan berbagai bidang lainnya. Nah biasanya anak/remaja membully seseorang karena kemampuan orang tersebut yang tidak si pelaku miliki. :/ Cukup aneh sih memang alasan mereka membully. Mungkin kalo bagian satu ini lebih tepat dibilang sirik kali yaa :P but whatever it is, it's not (so) good idea to bullying people
Naah yang tadi udah disebutkan dan dijelaskan itu merupakan beberapa faktor penyebab terjadinya bullying! Menurut saya sih agak serem dan agak nggak masuk akal aja sih. Tapi dari penyebab-penyebab itu kita bisa liat dan tahu, seberapa cerdas emosinya para pelaku bullying ini :P HAHA saya nggak bilang mereka bodoh atau semacamnya lah yaa cuma kalian bisa simpulkan sendiri aja gimana. :P


Gimana sih sikap kita kalo ada orang yang dibully?

Well, menurut saya, sikap dan sudut pandang setiap orang pasti berbeda dong yaa menanggapi kasus bullying ini. Tapi menurut pribadi saya, sikap yang harus dilakukan kalo kita ngeliat ada orang yang lagi di bully sebaiknya kita TOLONG dulu si korban. Kemudian kita beri tahu mereka (si pelaku) untuk pergi saat itu juga dan berhenti membully orang lain. Jadi istilahnya melerai pertikaian antara mereka (sementara waktu) untuk meredam emosi.

Trus kita coba buat nenangin si korban ini. Udah kebayang aja sih perasaan si korban ini saat lagi dibully, pasca pembullyan ini pun mereka pasti masih sedih.
Karena sebagai manusia pun kita nggak boleh cuek atau acuh tak acuh terhadap hal-hal yang sudah melanggar norma, apalagi sampai merampas atau mengganggu hak-hak orang lain.


Gimana sih mencegah bullying?

Sebenarnya untuk mencegah masalah bullying ini nggak bisa dilakukan sendirian, semua orang harus terlibat untuk mencegah bullying, terutama orang dewasa atau orang yang lebih tua di lingkungan sekitar. Pemerintah terutama memiliki peran penting dalam mengedukasi masyarakat luas dalam mencegah bullying. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan dalam mencegah bullying:


  • Menginformasikan mengenai bullying dan dampak negatif dari bullying ini sendiri kepada orang-orang sekitar, terutama anak-anak menuju usia remaja. Karena berdasarkan survei, pelaku bullying dan korban bullying ini sebagian besar adalah anak-anak usia sekolah. Mengkhawatirkan banget kan? Sebagai anak sekolah kan berkewajiban untuk menuntut ilmu, ini malah jadi korban bully bahkan pelaku bully? -_-
  • Bersikap dewasa, bersikap dewasa disini bukan berarti harus melakukan segala sesuatu dengan dewasa pada umumnya orang dewasa, namun bersikap dewasa ini lebih mengarah pada memberikan pengertian terhadap orang lain agar kita bisa memahami segala perbedaan yang menjadi alasan utama seseorang dibully!
  • Berpikir positif, nggak cuma para masyarakat yang di edukasi untuk berpikir positif namun sebagai instruktur atau warga negara yang baik kita harus berpikir positif dalam segala hal. Berpikir positif ini sangat membantu lhoo dalam pengaturan mood sehari-hari, jadi ada manfaatnya juga! :P 


Children Bullying (Source: Google)

Apa sih dampak dari bullying?

Bagi si korban, tentu saja bullying ini nggak ada dampak positif sama sekali! Sebagian besar dampak yang ditimbulkan dari bullying ini NEGATIF! Sebenernya banyak banget dampak negatif dari bullying ini yang dirasakan oleh korban, diantaranya:
  • Depresi dan Turun Kepercayaan Diri, ini jelas banget dirasakan korban bullying yang sudah out of limit! Saat mereka sedang depresi dan mengalami penurunan percata diri, otak mereka secara tak langsung telah berpikir negatif, serta secara tak langsung bullying ini menanamkan mindset negatif bagi si korban.
  • Kesulitan dalam Menjalin Hubungan/Komunikasi Dengan Orang Lain. Hal ini merupakan dampak kedua yang dirasakan korban bullying. Mereka akan merasa pesimis terhadap kehidupan sosial mereka, mereka akan takut untuk menjalin hubungan atau komunikasi dengan orang lain. Mengapa? Karena mereka terlalu takut untuk melakukan hal itu dan mereka memiliki ketakutan apabila kejadian bullying yang mereka pernah alami terjadi kembali.
  • Kecemasan Berlebih. Hal ini berkaitan erat dengan poin kedua. Para korban bullying ini takut merasa cemas dan gelisah apabila bertemu dengan orang lain (yang mungkin bukan keluarganya).
Selain dampak yang telah disebutkan tadi, bullying tentu saja membawa dampak dari sisi psikologis yang memprihatinkan. Kehidupan korban di masa mendatang bisa saja terganggu gara-gara 'luka' lama yang pernah membekas dalam mental mereka. Oleh karenanya bullying sebaiknya di hindari atau bahkan TIDAK dilakukan oleh siapapun di muka bumi ini! *CIELAH


***


Sebenarnya bullying merupakan salah satu dari contoh tindakan tidak menyenangkan terhadap orang lain. Bullying mungkin saja dapat menimbulkan dampak berkepanjangan bagi para korban. Selain itu, bullying juga merupaka tindakan yang melanggar norma-norma (untuk macam-macam norma bisa search di google).

Jadi, buat apa sih kita ngebully orang lain? Sama sekali nggak ada manfaat atau faedahnya buat diri kita dan orang lain. Malah yang ada efek negatif dari bullying itu sendiri, baik bagi korban maupun bagi si pelaku. Nggak percaya? Coba googling berita dan informasi mengenai bullying ini. Kayaknya nggak akan ada satu pun yang nyebutin kalo bullying punya dampak positif deh. :/


***

OKAY!
Udahan dulu yaa kasih informasinya. Semoga info tadi bermanfaat buat semuanya! Pokoknya STOP BULLYING! Karena bullying ini RUGI banget lho, guys.

See You!



Best Regards,


nrlhdyn

Minggu, 17 Juli 2016

Hello! (again)

Hello!

Udah lama ga posting sesuatu di sini hehe cuma baru ada satu postingan di tahun 2016 ini *payah*. Kesibukan tahun ini yang bertambah pesat bikin saya ga fokus terhadap hobi menulis saya yang satu ini. HEHE. Tahun lalu saya punya cukup banyak waktu luang untuk menyalurkan hobi yang ga seberapa ini di kosan walau dihantam kesibukan penyelesaian Tugas Akhir yang Alhamdulillah ga bikin stres berlebihan. :D Belum lagi ditambah netbook kesayangan saya kehilangan kendalinya untuk bertahan. Alhasil saya harus memperbaiki dan membeli beberapa spreparts netbook agar si netbook kembali sediakala. Namun rencana tersebut belum terealisasi karens keterbatasan isi dompet. :'(

Tahun ini kesibukan saya mulai bertambah & beragam. Nggak cuma ngurusin diri sendiri dan pekerjaan, tapi ngurusin berbagai hal yang kadang bikin sakit kepala, sakit badan, juga sakit hati *lho?*.

NGURUS RUMAH
Sebagai Calon Ibu Rumah Tangga sekaligus Wanita Karir *cie*, saya harus bisa mengatur kehidupan di rumah maupun di kantor serta mengurus segala hal yang ada di dalamnya dengan baik.
Pekerjaan di rumah memang nggak akan ada habisnya, Cyiiin. Tiap hari pasti selalu ada yang dikerjain. Mulai dari hal seperti, sapu-sapu dan ngepel rumah, cuci piring, cuci baju, lap-lap debu sana sini, nyetrika baju, benerin terminal listrik (THANKS TO YOU!), sikat kamar mandi, ngurusin Cilo (kucing peliharaan), sampe ngajak main si kucing. Hampir 90% dari tugas-tugas itu saya kerjakan dengan sabar dan telaten dalam jiwa.


NGURUS KERJAAN KANTOR
Sama halnya dengan ngurus kerjaan rumah, kerjaan kantor juga perlu di urusin sesuai jobdesc-nya. Karena kebetulan bulan ini adalah tahun ajaran baru, alhasil udah kebayang aja sibuknya gimana nanti ngurusin kerjaan di kantor. HAHAHA. Apalagi kalo sudah ada kegiatan dengan siswa-siswi atau guru, kadang ekstra lelahnya, Cyiiin.
Ohya, btw sekarang saya kerja di salah satu SMA Negeri di Kota Cirebon sebagai tenaga pengajar--yang sering saya sebut guru freelance--juga tenaga administrasi freelance, serta ditambah tenaga wara-wiri kesana-kemari ngerjain banyak hal--flexible.



***


Dan seperti sekarang ini, adalah hari libur terakhir sebelum memasuki tahun ajaran baru. Saya masih bersantai dirumah mengistirahatkan jiwa dan raga saya (pasca sembuh dari keadaan kurang sehat beberapa hari lalu) buat kembali ke rutinitas di lingkungan yang tak asing bagi saya sejak 2010.
Dan saya insha Allah bakal ngusahain posting-posting cantik lagi di sini yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi yang baca. Kalo postingan ini mah sekedar cerita--tjurhat--aja dulu. HEHEHE.

See You!

Best Regards,


nrlhdyn