Pages

Senin, 21 November 2016

Faktor Penting Dalam Suatu Hubungan

Apa sih kira-kira yang bisa bikin suatu hubungan bertahan lama?

Hingga detik ini, usia hubungan saya dengan kekasih sudah 3 tahun lebih 1 bulanan. Kami berhasil melalui ups and downs hubungan dan sangat kami syukuri adalah kami masih kuat dan masih mampu berdiri tegak beriringan mempertahankan komitmen bersama yang kami buat sejak awal memutuskan bersama.

(Source: Google)


"Aku udah capek, pengen nyari yang serius aja bener-bener sama aku."

Kalimat tersebut terucap dari mulut saya pertama kali mengawali komitmen dengannya, kemudian ia meng-aamiin-i dengan niat yang sama. Ya, kami mulai semua ini dengan niat dan tujuan yang sama.
Sejak saat itu kami berusaha saling mengenal lebih jauh pribadi satu sama lain, saling mengerti karakter masing-masing dan Alhamdulillah kami tidak banyak menemui kendala serius untuk hal itu.
Namun, apa sih yang membuat suatu hubungan bisa bertahan? Apa sih yang membuat kita bertahan memegang teguh komitmen yang kita telah bangun bersama sejak semuanya dimulai? Well, I don't really know.

Suatu hubungan disini bukan hanya cakupan sepasang kekasih menjalin asmara, atau sepasang suami-istri mengarungi bahtera rumah tangga. Tidak, hubungan tidak sesempit itu.
Persahabatan juga merupakan suatu hubungan. Sama halnya seperti hubungan sepasang kekasih, sebuah persahabatan juga dibentuk karena kecocokan antar satu dengan yang lainnya. Lumrahnya, setiap individu mencari orang-orang yang memiliki kecocokan.
Lalu, apa sih sebenarnya yang membuat beberapa jenis hubungan itu bertahan?

Komitmen
Mungkin diantara semua faktor yang banyak orang ketahui, komitmenlah yang paling sulit diterapkan. Ya, saya dan pasangan pun tidak mudah bertahan pada komitmen yang kita buat. Ibaratnya, komitmen itu seperti aturan atau landasan atau dasar alias basic rules dalam suatu hubungan. Komitmen dalam suatu hubungan disini lebih berkenan dengan kesetiaan. Menurut saya, komitmen lebih mirip seperti akar. Kamu tak akan bisa berdiri tinggi dan kuat apabila akar yang menopangmu pun tak sekuat itu untukmu berdiri.

Saling Percaya
Saya percaya, tak ada suatu hubungan pun yang dapat bertahan tanpa adanya rasa saling percaya antara satu sama lainnya. Kalau tak saling percaya, untuk apa kamu berinteraksi dengannya? Untuk apa kamu membuat suatu hubungan dengannya? Rasa saling percaya disini mutlak hukumnya. Relationship wouldn't work if there's no trust each other.

Saling Mengerti
Suatu hubungan akan berjalan dengan baik manakala diantara pihak yang berkaitan bisa saling mengerti satu sama lainnya karena pada dasarnya setiap individu memiliki keperluan atau kewajiban yang berbeda-beda. Kita tak bisa selamanya bersikap egois dengan mementingkan diri sendiri. Setidaknya, rasa saling mengerti mampu membuatmu menekan rasa egomu yang mungkin saja setinggi langit.

Keterbukaan
Buat saya pribadi, keterbukaan ini sangat penting untuk diterapkan. Mengapa? Bagaimana kita membuat pasangan mengerti sedangkan kita sendiri bersikap egois dan tertutup? Sewajarnya kita harus memiliki sikap terbuka agar pasangan mampu mengerti dan percaya. Walau terkesan sepele dan remeh temeh namun sikap ini mampu membuat suatu hubungan kembali pada arah yang sama saat sedang terjadi perbedaan pendapat. Dengan terbuka dengan pasangan, kita belajar untuk mengerti pasangan.

***

Untuk kamu yang memiliki suatu hubungan, entah jalinan asmara atau persahabatan, jaga hubungan itu selagi masih bisa dijaga.
If you heard, saw, and did anything about secret stuffs, keep it! Make it your dirty little secrets. Karena kepercayaan itu ibarat gelas kaca, sungguh merugi kamu jika memecahkan gelas kaca tersebut karena gelas tersebut tak akan sesempurna dahulu walau kamu telah memperbaikinya.


Best Regards,


nrlhdyn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar